STOP MAKING STUPID PEOPLE FAMOUS!

02:45

SATU.


DUA.


DAN MUAK.

Ramon Papana pernah bilang, "Setiap Orang Bisa Terkenal".

Kata-kata barusan yang sekarang bener-bener gue rasain, dan juga bener-bener berhasil buat gue muak.

Belakangan di Indonesia lagi trend, dimana orang BEGO, NAKAL (TAPI TAMPAN!), dan NGOMONG KOTOR, jadi terkenal. Yoi Terkenal.

Rumus jadi orang terkenal di Indonesia sangat gampang. 

TERKENAL = BUAT SENSASI (NGOMONG KOTOR, NAKAL, NGEJEK ORANG)+ MINTA MAAF (SOK SUCI, BIJAK SANA, DAN SOK NYESEL ATAS PERBUATAN, OOH ATAU YANG LEBIH PARAH NGELES DENGAN ALASAN DARI PADA SOK SUCI).

Jujur sebenernya, gue males banget bahas ginian. Belakangan gue udah nyoba ngalihin dengan liat debat Buzzer di Twitter terkait PILKADA JAKARTA, atau debat prinsip Ketuhanan antara ISLAM Vs "Islam Nusantara".

Tapi entah kenapa gue yang notabene Mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi, yang alias mau ga mau harus belajar tentang media, ya harus ngebahas hal kayak gini.

Capture diatas adalah sebagian dari banyak akun youtube yang secara ga langsung udah jadi rolemodel bagi orang-orang di Indonesia.
BACA

Gimana engga, dengan modal ngomong kotor, pamer Paha Dada, ngejek orang terus minta maaf, sok-sokan "GAGAH" dengan nyoba jadi orang "ASIK".

Ya dengan pamer begitu, lo bisa dapet views yang banyak.
Lo bisa dapet rating yang tinggi.
Lo bisa DIBAHAS!.
Yang artinya LO BISA DAPET DUIT!.

Astaga.

Dulu gue inget, saat film Horor Indonesia jadi bahan ceng-cengan dimana-mana.
Film Horor yang konon katanya cuma pamer dada doang.
Film horor yang katanya cuma pamer adegan sensual doang.
Film horor yang punya banyak katanya, tapi bisa dapet penonton dibioskop rata-rata lebih dari 200ribu setiap filmya.
Yang jika dikalkulasikan dengan uang 20.000 pertiket.
FILM YANG MENDAPATKAN RATA-RATA LEBIH DARI RP.400.000,00.
 
DAN TERJADI LAGI~.

Inilah wajah "INDONESIA" saat ini.
Beda rupa, tapi sama cerita.

Lo tau ga sih kalo orang-orang kayak gini dibiarin, bakal jadi apa?.

Tau penelitian ini, "Kecenderungan anak melakukan apa yang dilihatnya?". Contoh kongkrit gue kasih, dulu waktu jaman gue SMP. Jaman dimana SMACKDOWN masih ditayangin di LATIVI (TV ONE) sekarang. Banyak anak yang kena cidera, atau bahkan sampe meninggal gara-gara nyoba ngelakuin apa yang para pemain SMACKDOWN lakuin.

Ga Percaya? Gue kasih beritanya. 

Banyak yang sok-sokan jadi Brock Lesnar, Undertaker, dan lain-lain. Mereka mana tau cerita itu bohongan. Yang mereka tau adalah yang mereka liat saat itu keren, dan mereka nyoba itu ke kehidupan mereka.

Contoh lagi, dulu waktu kecil gara-gara nonton film Tamiya gue dan anak-anak sepantaran gue minta dibeliin TAMIYA, gara-gara nonton Crush Gear gue minta dibeliin Crush Gear, atau gara-gara nonton film Power Ranger gue minta dibeliin robot-robotan.

Dan lo tau sekarang, gara-gara anak-anak nonton BOY ANAK Jalanan, mereka malah minta apa?. MOTOR NINJA! BACA . https://www.brilio.net/news/terinspirasi-anak-jalanan-bocah-ini-ciuman-minta-motor-ninja-duh-160131k.html

Nah inilah yang bakal jadi wajah Indonesia di beberapa tahun yang akan datang.
Saat Mas Alek, Mba Arin, dan kolega terus dibiarin dengan konten yang astaga, gue aja sampe bingung nyebutnya.

Lu mau?. Liat Adek lo, masuk keruang BK pas dipanggil orang tua mereka bilang "GA PAPA MA AKU NAKAL TAPI TAMPAN", "GA PAPA BANG MASIH BATAS WAJAR".

Lu mau anak lu nanti minta "MAH AKU PENGEN NEMBAK PACAR AKU, TERUS AKU AJAK JALAN-JALAN KEBALI". Lu mau liat INSTAGRAM anak lu isinya dia ciuman ama pacarnya?.

Kecuali lu mau sama itu semua, tapi gue engga.

AYOLAH, UUD 45 ISINYA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA, BUKAN MENTOLOLKAN KEHIDUPAN BANGSA, BUKAN MERUSAK MORAL BANGSA.

Ayolah Jik mereka nunjukin kalo "LO HARUS JADI DIRI SENDIRI".
UHUK!
Pembenaran terhadap sesuatu yang salah, itu juga salah loh :).

Ketika dirumah lu dikasih opsi cuma satu "ANAK YANG BAIK, TAAT SAMA ORANG TUA, RAJIN IBADAH, PINTER". Lu dituntut untuk jadi sesuatu yang baek, sesuatu yang berguna, sesuatu yang ga cuma hanya sekedar menghasilkan rupiah.

Lalu muncul opsi baru "NAKAL TAPI TAMPAN, NAKAL TAPI JADI DIRI SENDIRI, NAKAL TAPI BATAS WAJAR".

Logikanya gini, ketika anak lu, atau elu, atau adek lu berusaha untuk menjadi sesuatu yang udah baek untuk dijalanin, dan ketika itu mereka menemukan opsi baru. OPSI KEREN, yang berhasil dapet viewers banyak, OPSI KEREN yang ngebuat mereka akan dibahas, OPSI KEREN yang seolah mereka akan lebih di ANGGAP diluar. 

Ga semuanya tapi akan ada kemungkinan mereka untuk milih opsi-opsi itu.
Apalagi itu buat adek-adek gue, yang mungkin masih bingung akan jati diri mereka.
Adek-adek gue yang masih PUBERTAS!.
Adek-adek gue yang masih bingung nentuin jalan mereka.

Dengan adanya opsi barusan, mereka akan.. (yah lo isi sendiri aja lah ya.)

Gue setuju yang kayak channel VNGNC pernah omongin "KAYAK ORANG KAYA ZIMBABWE YANG MAU BELI TELOR 3 BIJI TAPI BAWA DUIT SEKARUNG".
Orang-orang ini kalau lu semakin liat, maka semakin banyak duit yang mereka dapetin, dan ujungnya juga dipake untuk terus ngebuat sesuatu yang ga guna, yang ujungnya juga gitu-gitu aja (maaf ngebegoin lagi).
KARENA SESUATU YANG MEREKA BUAT ITU BISA DAPETIN DUIT YANG BANYAK JUGA.
Konten Baik = Duit Sedikit, GA TERKENAL
Konten "FRONTAL"= Duit Banyak, TERKENAL
Ya gimana dong?. Logislah buat milih konten yang ..yah u knowlah.

Apakah kita pengen nih, Indonesia yang kaya banget ini, yang ibaratnya punya semuanya tapi ga bisa dipake seharusnya. Indonesia yang anak mudanya rela beli yeezy, dugem tiap malem, tapi orang tuanya bingung mau makan apa, bingung saat duit fotocopyan rebutan sama duit makan.

 Apa lo pengen nih, liat bocah belasan tahun saling ceng-cengan "YO MADAFAKA, YO FAK YOU, HAHA GA ASIK LO, HAHA BEB CIUM SINI!" 

Ayolah~. :)

Buat yang ngerasa punya pengikut atau followers lebih banyak dibanding manusia pada umumnya. Tolonglah SARING SEBELUM SHARING. Oke lu bilang "SOSMED-SOSMED GUE", tapi ini yang ngeliat juga bukan lu doang.

Okelah "GUE UPDATE APA YANG PENGEN GUE UPDATE, BUKAN APA YANG PENGEN LO BACA". Tapi tolong buatlah diri kalian terhormat. Update yang bermanfaat ga bakal ngerugiin juga kan?. Hargai sebelum pengen di hargai, hormati sebelum dihormati. Ini Indonesia loh bukan negara yang ga ada BUDAYA :).

"Jik tapi gue ga suka sama mereka, ih apasih mereka lucu-lucuan jik, mereka lucu".

Nah ini buat kita-kita nih.
Gue nyebut fenomena ini kayak KANKER. Yang nyebarnya secara BRUTAL. Keseluruh orang. Yang kalo pengen diubah, harus juga dari kitanya.

Lo tau kenapa Film Horor "PAHA-DADA" udah sepi?. Atau malah udah ga diproduksi?. Itu adalah karena mereka udah ga dibahas.

STOP ngejadiin gejala-gejala KANKER ini bahasan. 

"BAHAN EJEKAN, BAHAN BULLYAN", tapi lo update juga ya sama aja lo juga bagian dari KANKER INI.

KALO LO GA SUKA SAMA SESUATU TINGGALIN, JANGAN DIBAHAS.
BUKAN KALO LO GA SUKA SAMA SESUATU, MALAH LO NIKMATIN, DAN BAHAS.

STOP jadiin mereka BULLYAN BUAT NYARI RATING!

 STOP jadiin mereka LAHAN RUPIAH BUAT CARI UANG!

"Ah jik ini lo bahas juga".
Sekali lagi teman-teman, gue untuk ngebahas ini perlu mikir belasan kali, dan gue rasa ini kali terakhir gue ngebahas ini.

"TAPI INDONESIA INI NEGARA BEBAS JIK".
Teman-teman bebas itu boleh aja, ga salah kalo lo ngomong kasar, aneh-aneh tapi yang tau lo sendiri, ga salah kalo lo mau jungkir balik atau ngomong kotor tapi yang denger lo sendiri.
Yang salah itu kalo lo ngelakuin hal kayak barusan, tapi didengerin dan diliat sama orang banyak.
Orang yang awalnya ga kebiasa, lama-lama jadi terbiasa dan ujung-ujung ngikutin apa yang lo lakuin.
TEMAN-TEMAN BEBAS ITU BERTANGGUNG JAWAB :)

Ayolah, kita bisa lebih dari ini.
Ayolah Remaja Amerika udah ngebahas masalah pertumbbuhan Ekonomi, Remaja jepang berlomba dalam hal teknologi, masa kita cuma jalan ditempat dengan ngebahas masalah "INI"?

Indonesia butuh lebih dari sekedar Pak Jokowi untuk jadi lebih baik.
Indonesia butuh lebih dari sekedar Bu Sri Mulyani buat lebih kece.
Indonesia butuh lebih dari sekedar Bu Susi untuk di Segani.
Indonesia butuh kita untuk jadi lebih baik.
Jadi jika kita belum bisa untuk buat Indonesia ini lebih baik, tolong setidaknya jangan buat Indonesia ini jadi lebih engga baik hehe.
Karena bagaimanapun, Indonesia ini mau tidak mau harus bergerak kearah yang lebih baik :).


PS: Sebenernya gue juga kepikiran sih kalo emang ini ga bisa diubah dan terus jadi gejala terus menerus. Suatu saat gue bakal ngangkat anak dari negara maju sebut aja misal kayak Amerika, atau Inggris. Ketika gue punya anak kandung. Nanti mereka bakal gue twist. Anak angkat gue, bakal gue sekolahin dan didik di Indonesia, sementara anak kandung gue bakal gue ekspor dan belajar serta berkembang diluar. Jadi kalo dah gede, anak kandung gue bakal balik ke Indo dengan bawa sesuatu yang mungkin bisa bikin Indonesia jadi lebih baek lagi. Sementara anak angkat yang tadi, gue ekspor balik ke negaranya buat nyebarin "BUDAYA-ALAY" yang udah doi dapetin dari perkembangannya di Indo. Dengan gitu mungkin gue bisa buat negara laen ngerasain apa yang negara gue rasain, dan ngebuat negara gue ngerasain apa yang negara laen gue rasain.
nyiahahahahaha *bentar gue keselek. 

You Might Also Like

0 komentar