Ayah, Kau Terbaik!

18:15




"Nak doain ayah yo"- Ayah ngomong dengan tetap menyantap makanan yg dipegangnya.

"Iyo yah jangan lupo sholat yo."- Jawaban gue dihujung videocall.

Kemudian dengan tatapan nanar, Ayah ngehampirin Ibu yang lagi megang handphone. 
"Iyo mokasih yo jik". Dengan senyuman manisnya dan tulusnya, Ayah ngomong ke gue.

DANG!.
Entah kenapa kata-kata dan senyuman Ayah malam itu ngebikin gue ingin netesin aer mata. Bukan bermaksud untuk nunjukin kalo gue cengeng. Cuma emang kontur jiwa gue, ga kuat kalo udah berhubungan dengan keluarga. Iya Ayah, Ibu, dan Adek.

Ya percakapan malam itu kemudian dilanjutkan dengan, suara gue yang gemetar dan mata gue yang nahan aer mata.

Ngeliat anak sulung dan laki-laki satu-satunya sudah nahan aer mata. Dan ga pengen adegan vidcall jadi adegan Termehek-mehek. Ibuk kemudian dengan alesan yang gue tau dibuat-buat "Jik ibuk ngantuk, istirahat dulu yo, semangat kuliahnyo lagi dewekan dikos kan, jangan cengeng,cepet move on,  sholat jugo jangan lupo", akhirnya vidcall diakhiri.

Ya malem itu bukan diomongan move on, tapi kata diomongan "Makasih nak" yang ayah kasih ke gue, ngebuat gue kena homesick.

7 Semester gue kuliah, tapi penyakit yang paling menyebalkan ini masih kena ke gue. Malem itu gue mikir tentang betapa kerennya Ayah gue.

Ya mungkin orang bakal bilang "alah jik alay, biasa aja kali namanya juga Ayah ya pasti gitu semua".

Ya gue ga tau apa yang Ayah orang lakuin keAnaknya, tapi Ayah gue adalah orang keren dengan semua perlakuan dan perbuatanya. Berikut gue ceritain tentang betapa gagah dan kerennya Ayah yang punya nama lengkap Insan Asyik ini.

Yoi Insan Asyik, adalah Ayah gue. Pria kelahiran Lahat 10 Oktober 1963 ini hidup dan tumbuh berkembang disebuah kota kecil disudut Sumatera Selatan bernama Lubuklinggau. Ayah yang sering dipanggil Itung ini juga memiliki Ayah bernama M Asik, dan dia adalah seorang Tentara, itulah yang kemudian ngebuat Ayah harus dan tumbuh berkembang didalam KODIM ataupun perumahan untuk Tentara.

Ayah bukan anak paling bungsu, tapi dia adalah Cowok paling muda didalam keluarga. Doi punya 2 kakak cowok, yang konon menurut ceritanya selalu ada untuk ngelindungi dia. 3 Serangkai ini yang sering dikumandangkan sebagai biang kerok di Kodim. Ibarat Luffy di One Piece yang punya 2 kakak tangguh, dan dia yang cengeng. Ayah juga kayak gitu. Menurut cerita Ibunya Ayah alias Nenek gue, Ayah adalah anak ter-cengeng diantara kedua kakaknya yang saat ini sudah Almarhum. Wak Ang, dan Wak Eng, adalah 2 pelindung bagi Ayah ketika masih kecil.

Ayah gue tamatan... Yoi dia bahkan ga tamat SD. Dengan keadaan yang cukup berkecukupan waktu itu, Ayah milih untuk ga lanjutin sekolah. Kalo kata Ayah "Percuma Ayah sekolah jik, Kalo Ayah lebih calak dari Gurunyo", atau Bahasa Indonesianya, Ayah kecil beranggapan doi lebih pinter dari guru-gurunya.

Dengan gagahnya "prinsip jangan mau kalah sama benda mati", Ayah selalu ngedidik gue untuk bisa dalam hal apapun. Ayah selalu cerita, kalo dia kecil  udah bisa nyalain mesin padi, udah bisa gonta ganti lampu sekolah sendiri, dan udah bisa semuanya.

Yoi bagi gue Ayah adalah mcgyvernya Indonesia. Mungkin itu juga yang ngebuat Ayah kecil ga mau sekolah dan ngelanjutin sekolah.

Tapi ini juga sekaligus jadi penyesalan buat Ayah. Karena doi nganggep walaupun dia bisa semuanya, tapi dia ga bisa jadi semaunya. Atau dia ga punya selembar sertifikat Ijazah yang ngebuat dia hidup lebih layak sebagai pekerja atau apapun itu. Iya di Dunia sekarang, meskipun lu bisa semuanya, tapi tanpa selembar kertas bertuliskan Ijazah, lu bukanlah siapa-siapa. Inilah mungkin yang ngebuat Ayah maksa gue untuk tetep semangat sekolah, apapun alasannya dan sesulit apapun keadaannya. Ayah ga pengen kejadian yang menimpa dia, terjadi di gue anaknya.

Lanjut cerita tentang hidup Ayah.
Ayah muda adalah anak Teater.
Doi juga supir angkot.
Iya sopir angkot, Ayah gue mantan sopir angkot.
Tapi menurut Ayah, dulu profesi supir angkot merupakan profesi yang paling keren.

Ayah gue orang terkenal di linggau.
Mantannya banyak.
Yoi walaupun doi ga lulus SD, doi punya banyak mantan. Bahkan yang ngebuat  gue bangga, Istri dari mantan bupati yg sekarang, pernah jadi pacar doi.
Oh iya sangking (ini bahasa Indonesia kan?) terkenalnya doi, selama gue SMP, gue beberapa kali naek angkot gratis.
"Ooh anaknya Itung ya?. Salamin ya dari ini... udah ga usah bayar".
Kata-kata yang sering gue terima selama gue sering naek angkot di SMP.

Ya ngomongin Ayah ga bakal habisnya. Jujur aja, dengan gue yang sekarang udah mau selesai kuliah, aamin. Mungkin pengalaman Ayah masih jauh lebih banyak dari gue. Bayangin aja, dengan ga ada pengalaman dibangku sekolah sebanyak orang pada umumnya, doi bisa jadi tulang punggung keluarga dengan konotasi sebagai penyelesai masalah. Ayah selalu ada di shaf paling depan ketika keluarga besar gue ada masalah. Kalau ga bisa dengan otaknya, Ayah bakal pasang badan untuk ngelindungi seluruh keluarganya.

Doi juga ahli berbagai macam alat, dari aki, mobil, listrik, motor, atau apapun hal yang berkaitan dengan teknologi (kecuali komputer dan Internet) atau yang berbau kekinian, doi jagonya. Yaa doi sering ngomong "Jik, Ayah  yang ga sekolah aja bisa hal-hal kayak gini, apa lagi kalau Ayah sekolah". Walaupun sering seolah-olah gue ketawain, tapi gue percaya kalau Ayah sekolah tinggi, mungkin entah apa yang bisa dia buat sekarang.

Gue kasih contoh alat yang dia buat.
- Pemotong batu dari mesin aer.
- Pemotong batu dari mesin bor.
- Dll (gue lupa sangking banyaknya).

Tapi dari sekian banyak hal baiknya, mungkin Ayah juga punya masa kelam dihidupnnya. Itu terbukti dengan tatto di lengan kiri Ayah. Yang selalu Ayah omongin sebagai kesalahan paling fatalnya.

Ya masa kelam Ayah seengganya sekarang udah jadi pagar pembatas untuk ga gue lakuin.

Gue ga boleh ikut latian Teater di Sanggar Seni Kota Lubuklinggau, dan gue ga boleh maen gitar. Seengga-engganya itu larangan yang bener-bener ga boleh gue langgar waktu itu. Gue yakin Ayah lebih tau, karena doi udah ngalamin semua hal itu. Ayah cuma ga pengen gue jatuh kelubang yang salah, yang pernah dia alamin. Ibaratnya dia ga pengen lubang kelam yang pernah dia alamin, terjadi di anak sulungnya. Ya gue tau, Ayah ga pengen kesalahan yang sama kejadian 2 kali. 

Ya tapi walaupun gitu, seengganya jiwa seni Ayah juga turun ke gue. Walaupun Ayah ga bolehin latian Teater di Sanggar kota, tetep aja dulu waktu SMP gue dengan suka hati ikut Teater di Sanggar sekolah. Walaupun Ayah ga bolehin maen gitar, tetep aja gue di SMP merupakan personil perkusi sebagai pemain gendang di Sanggar Sekolah. Ya buah emang ga jatuh jauh dari pohonnya.

Ayah sekarang jadi tukang cas aki dirumah. Dengan Ibu yang punya salon kecil-kecilan, doi mutusin untuk buat tempat cas aki, dan tempat asah batu akik dirumah. Ya walaupun Ayah punya sepetak lahan karet yang digarap sama orang, profesi Ayah yang dilakuinnya adalah yang gue sebutin barusan.

Ayah terus terang merupakan orang yang selalu ngebuat gue bangga, walaupun dengan semua kekurangannya.

Gue punya adek cewek. Gue inget di SMA dia sering digangguin oleh temen-temen ceweknya, dan adek sering nangis kalo pulang kerumah. Tapi pas perpisahan SMA adek gue, Ayah yang tampil keren dengan kamera yang dipegangnya (Walaupun Ayah ga tamat SD, doi tetep tampil kece dimanapun dia berada), ketemu sama orang yang sering diceritain Adek. Musuh-musuh adek tadi awalnya malu dan agak sedikit takut ketemu Ayah, apalagi inget semua perbuatannya. Tapi karena itu merupakan perpisahan, adek gue ngenalin mereka ke Ayah. Dan mereka dengan takut salaman ke Ayah sambil bilang "Halo om, aku...", belums selesai dia ngomong, Ayah langsung membalas sambil senyum "Eh iya kamu, si .... om tau kok Nabila banyak cerita ke Om tentang kamu, yaudah yuk om fotoin". Ya kalian tau betapa kerennya Ayah saat itu?. Walaupun tau orang yang sering nyakitin anaknya, doi tetep bersahaja dengan senyumnya.  Cewek-cewek tadi langsung ga enakan, dan mungkin ngerasa Ayah juga hebat, karena ga marah sama mereka. Dan semenjak itu musuh-musuh adek tadi, jadi orang yang baik ke adek gue. Ya tiap masalah punya jalan keluar dan penyelesaiannya yang berbeda.

Gue inget, pas awal gue mau kuliah Ayah ninggalin beberapa pesen ke gue.
Yang pertama "Nak kuliah yang bener, pergaulannya dijaga, jauhin narkoba"
Yang kedua "Jadi diri sendiri, apa adanya, dan terus prihatin ke orang tua ya nak".
Dan yang terakhir, kata-kata yang gue inget.
Saat Ibuk nyuruh gue ga pacaran sebelum Semester 3, dia dengan santainya sambil ngelus rambut gue ngomongg.
"Jik udah gede, kuliah dulu ya, jangan pacaran dulu kecuali kepepet".
Iya kepepet. Liat betapa hebatnya doi saat nasihatin gue.

Ya Ayah keren dengan semua sikapnya, walaupun kadang ada minor diantara perbuatannya. Ya salah satunya tempreamen. Maklum terbiasa diSumatera ngebuat Ayah kadang punya sifat tempramen yang tinggi. Itu yang kadang juga ngebuat gue takut, karena selain tempramen kadang Ayah nekat ngelakuin sesuatu yang ibaratnya sangat gue takutin. Doi pernah datang sendiri untuk ngusir orang yang diriin rumah ditanah Kakek. Dan bahkan doi pernah nembak drum yang dikira kepala maling. Ya setiap kekurangan pasti punya kelebihan.

Tapi itu ga bakal ngurangi 1 mililiter perasaan bangga gue kedoi.

Ayah yang rela pernah jadi tukang jual rokok keliling demi dapet duit tambahan biar gue kuliah. Ayah yang rela ngejual kamera demi duit bulanan gue. Dan Ayah yang rela pernah jadi tukang Ojek waktu gue kuliah. Entah kenapa ini yang ngebuat gue sedih karena doi harus ngelakuin hal-hal kayak gitu ke gue.

Makanya kadang kalau inget atau denger suara doi, gue kadang sedih sendiri.
Ngebandingin penderitaan gue, dan perjuangan beliau yang ga bisa dibandingin.

Tapi gue udah janji, secepetnya gue harus ambil alih tugas doi.
Gue pengen doi bisa istirahat dan nikmatin masa tuanya dengan tenang.
Gue ga pengen doi harus keluar malem lagi jualin rokok dari warung ke tempat-tempat nongkrong demi dapet duit tambahan.
Gue ga pengen pas gue telfn Ibu dan nanyain Ayah, jawabannya "ayah lagi ngojek jik".
Gue ga pengen liat muka capek lagi ketika di Vidcall, gue ga pengen.
Gue anak ga berguna, kalau dia ga bisa nikmatin masa tuanya.

Seperti pepatah yang orang bilang.
"Lahir dari siapa itu bukan urusanmu, tapi berakhir seperti apa itu menjadi tanggung jawabmu".
Yoi dengan kata lain, masa depan orang tuamu itu adalah tanggung jawabmu. Karena masa lalumu telah ditopang oleh orang tuamu.

Ya dengan semua cerita yang gue kasih tadi.
Gue percaya, bahwa Ayah kaulah yang Terbaik!.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Ini yang paling keren. Aku paham bang

    ReplyDelete
  2. damn! what a cool father he is..
    I miss my dad anw :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap Ayah pasti punya "keren"nya masin-masing sha.
      Jangan lupa kirim doa terus buat Ayahmu sha.

      Delete
  3. Orangtua bertanggung jawab terhadap anaknya.
    anakpun sebaliknya harus memiliki rasa tanggung jawab yang serupa.
    however, Tulisan ini Ngena banget.
    aku Jadi keingetan sama Ayah yang sudah ada di alam sana.
    love you dad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya bro, jangan lupa doain Ayahnya bro :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete