Falsafah Cinta

04:08

Ga terlalu tinggi, ga sexy, tapi selalu punya pandangan teduh dan senyum yang selalu bisa bikin melting. Seengganya itu kriteria realistis cewek idaman gue. Kriteria dari seorang makhluk medioker, yang terdampar disebuah kota istimewa berlafazkan Jogjakarta.

Dulu sebelum merantau, nyokap pernah bilang “Jangan pacaran dulu ya nak, selesain dulu perjuangannya, tapi kalo kepepet ga apa-apa”. Sebuah omongan yang berhasil ngebawa gue untuk ngejaga status perjaka di dalam berhubungan asmara, atau dengan bahasa simpelnya “gue berhasil jadi jomblo”.

Sekarang gue udah duduk di Semester 4, dan gue masih bertahan dengan status kependudukan Jomblo dilingkungan kampus. Bukan berarti gue masih memegang kepercayaan sebagai penganut dari omongan nyokap, cuma gue udah terlanjur masuk didalem zona dimana gue udah males untuk mulai menjalin suatu hubungan yang meliputi cinta sebagai pondasi utamanya. Terhitung lebih dari 4 tahun gue memegang predikat Jomblo, yang didalemnya terdapat 2 tahun dengan alesan lagi asik temenan, 1 tahun alesan single, dan 1 tahun terakhir dengan alesan gue ga laku.

Dengan keadaan penampilan yang menyedihkan, gue emang kurang laku dipasaran. Di Jaman ini 7 dari 10 cewek melihat penampilan, sedangkan sisanya melihat dari kemapanan. Jadi wajar kalo sampe sekarang gue emang masih dalam keadaan mengenaskan.


Pada akhirnya dengan predikat dan status ini, gue cuma bisa jadi pendengar dari setiap kisah para Mahasiswa yang mencoba untuk merajut Cinta. Dan semua ceritanya hampir sama, menjadi sok bahagia. Logikanya adalah dengan status sebagai Mahasiswa dan jauh dari Orang Tua, dengan pendapatan utama dari kiriman orang tua, mereka (penganut kaum pacaran) harus menyisihkan uang untuk menghidupi kekasihnya didunia per”pacaran”. Padahal uang itu bisa dipake untuk keperluan lain, atau mungkin di sedekahkan kepada yang lebih membutuhkan, sekaligus menjadi tabungan di akherat (yaelah). “Gue ga pernah ngabisin duit buat si doi kok”, alesan yang selalu gue terima dari temen-temen gue yang udah pacaran. Ga pernah ngabisin duit buat doi? Lo mau pacaran dengan apa adanya?.Bapakbapak sekalian itu anak orang sebelum pacaran sama lo udah hidup bahagia dengan kasih dari orang tuanya, dan kemudian lo ngambil peran itu sebagai pacarnya, dan kemudian ngajak susah dengan kehidupan apa adanya?. Anak yang udah bahagia, kemudian lo ajak susah?. Astaghfirulloh dosa macam apa lagi itu? *uhk. Sebenernya ga cowok aja sih, kebanyakan cewek juga banyak yang kampret. Sudah rahasia umum kalo si cowok masih menjadi kaum duafa dengan meminta sedikit rezeki dari orang tuanya, tapi masih aja sering nuntut jalan kesinilah, nonton inilah, minta inilah, itulah, dan blablablabla...Sehingga si cowok mau ga mau harus nurutin si cewek, sehingga terjadilah dusta-dusta kepada orang tua.

Kemudian yang bikin gue sering nyesek adalah, kebanyakan temen gue yang cowok dengan logika anehnya selalu bilang “Kita ini cowok jik, semakin sering pacaran semakin bagus, ibaratnya pisau kita ini makin diasah makin tajem, beda ama cewek”. Lah kalo gitu apa bedanya kita dengan benda mati?. Kalo dasarnya nafsu, jangan pernah samain Pacaran dengan Percintaan. Karena menurut gue mencintai itu bukan berarti menodai. Terlepas dari ceweknya emang suka dinodai atau engga, kalo alesannya cuma simbiosis mutualisme di bidang nafsu, jangan pernah nyangkut-nyangkutin Cinta. Karena Cinta itu pada dasarnya lebih mulia. Mungkin karena itu juga, gue cukup sadar diri untuk nahan supaya engga pacaran dulu, mungkin secara kerohanian iman gue masih belum cukup kuat untuk ngejaga nafsu dari setan yang mungkin bisa menodai asas cinta gue. Bukan berarti juga gue selama ini ga pernah nyoba untuk naksir cewek. Gue udah pernah berapa kali maksain diri untuk ngejatuhin hati, tapi ya apalah daya ketakutan gue untuk engga menodain cinta ngebuat gue harus selalu berhenti di tengah jalan, dan selalu berhenti di “ciyezone”, zona dimana gue selalu diciyein, dan cuma sampe disitu.

Dari kepahitan itu semua, ada juga beberapa temen gue yang emang pacaran untuk sama-sama maju kedepan. Pacaran asik yang menikmati proses dari sama-sama belum menjadi apa-apa, hingga nantinya menjadi sesuatu yang keren. Nah untuk kasus yang ini, gue ga setuju untuk menyebut mereka berpacaran. Gue lebih setuju nyebut dengan “merajut kasih”, karena jelas cewek yang nerima cowok biasanya sadar akan potensi si cowok, dan si cowok sadar akan loyalitas si cewek yang bakal tetep setia untuk berjalan bersama baik suka ataupu duka. Mereka yang keren inilah yang biasanya selalu mampu ngebuat iri orang lain, karena mereka bisa menghargai proses di status apapun, jalan apapun, dan takdir apapun.

Sebenernya ini semua alesan alias opini gue yang selama ini masih betah di status jomblo aja sih, ga ada yang bener dari pemikiran gue tadi. Kalo lo mau pacaran, ya pacaran aja. Cuma ya ditelaah lagi aja maksud dan tujuannya, semoga kalian bisa lebih bijak untuk nentuin keputusan. Kalo Cinta pertahanin dengan Ijab seperangkat alat sholat, bukan dengan maksiat... (yaelah sok bijak lagi).

You Might Also Like

0 komentar