ADE WISUDA, DAN DIRA YANG FTV.

10:47

Sabtu 23 September 2017.

Hari ini salah satu temen gue dengan nama Ade Try Kusuma, menyelesaikan studinya secara resmi.
Ya sebut ajalah, hari ini Ade Wisuda.

Sayangnya wisuda Ade ini bertepatan dengan kita anggota SHIELD yang notabene teman-teman setia Ade, dikala dia sedih dan senang, eh senang?. Ga deng kalo lagi senang Ade pasti ngabisin waktu sama gebetan-gebetannya buat keliling Jogja.

Oke tapi ga masalah.

Kita anggota pertemanan yang menamakan diri sebagai SHIELD, sedang ga komplit. Sebut saja teman-teman setia Ade ini dengan Nama Kevin (lagi ke Solo buat survey tempat usaha, yoi kevin kan anaknya usahawan abis *usahawan? bener kan ya?), Rama (lagi ke Surabaya buat hadir dinikahan sodaranya), Fadlan (lagi Magang di PSM Makasar), Dede (mau ambil data pagi, sementara Ade wisudanya pagi), hal ini ngebuat yang gue dan Luthfi sebagai anggota tersisa yang bisa hadir ke wisudaan Ade.

Wisuda seorang temen sendiri menurut gue sangat wajib, penting untuk dihadiri, dan haram untuk tidak dihadiri. Ya gimana engga, temen lo sendiri, bakal ngalamin dan ngejalanin satu hari atau moment terpenting dalem hidupnya yang mungkin  cuma bakal dia alamin sekali seumur hidup.

Tapi kan ada s2 dan s3, kan itu ada wisudanya juga.

Wisuda S1 bakal ga bisa dibandingin dengan wisuda s2, dan wisuda s3. Because, saat wisuda s1, kalian bakal distrata yang sama yaitu Mahasiswa, dan sensasi s1 ga bakal bisa disamain dengan sensasi s2 dan s3. Sepakat?. Sepakatin ajalah.

Nah jadi menurut gue, karena kita temen,, ya kita harus hadir di moment terpenting di hidup temen kita. Kan temen, masa sih ga mau hadir di wisuda temen lo sendiri.

Ya ga mau dan ga bisa itu beda.

Jadi coba telaah hidup kalian, apakah yang ngaku temen kalian ada di moment terpenting hidup kalian?. Tsaah.

Jadilah Sabtu itu gue bangun sepagi sabtu yang ga biasanya.

Ya demi Ade, gue rela mandi dan bangun pagi di hari Sabtu.

Oh iya malem sebelumnya gue juga nyetak banner yang udah diedit fadlan dari Makasar. Banner sendiri udah kayak semacem tradisi dari pertemanan kita. Dimana kalo ada yang pendadaran, atau wisuda ya bakal dibuatkan banner.
(Ini banner waktu wisudanya temen-temen kita yang cewe, diluar SHIELD tapi temen kita).
(Dan ini banner gue, ketika gue lulus pendadaran. Banner yang ga jadi mereka cetak, karena percetakan bannernya ga bisa nyetak banner dengan cepet sesuai dengan jadwal pendadaran gue. Rejeki Mozaik memang).
 
Oke kita balik ke Ade yang wisuda.

Pagi hari Sabtu itu, gue yang bangun langsung mandi dan bangunin Luthfi.

Ga lupa kita sarapan Kupat Tahu seharga 10 ribu dengan kerupuk yang bebas refill, dan secangkir air bening.

Kita yang udah pake pakaian rapi dikosan, ternyata disusul oleh Dede. Yoi ternyata Dede udah selesai ambil data, jadilah Ade kedatangan satu tamu lagi di wisudanya.

Dijalan menuju tempat wisuda, gue dan Luthfi ga lupa beli bunga lagi untuk teman-teman kita lainnya yang sudah wisuda.

Ya hidup memang kampret, karena banyak teman kita yang wisuda tapi ga nunggu kita yang belum jelas kapan wisudanya.

Ya hidup memang kampret, karena mereka wisuda barengan di tanggal tua. Beli kado yang cukup banyak, dan ngabisin duit jajan yang banyak juga. Bahkan gue sama Luthfi ada patungan beli satu kado untuk satu teman kita yang lainnya. Haih, gapapa tapi gue ikhlas. Karena ini demi kalian teman-teman (HUEKS).

Dengan tas yang sudah berisi kado-kado, dan tangan yang memegang bunga dan banner, gue bergegas ke tempat, posisi, lokasi dari orang-orang yang sesudah diwisuda berkumpul. Ga pake lama gue langsung pasang banner Ade seukuran 2x1 Meter yang sudah dicetak.
Banner terpasang dan orang-orang masih sepi. Ya apalagi kalau bukan gue kepagian. Penyakit suka kepagian alias suka kecepatan dateng kesuatu tempat ini juga kejadian di wisuda kali ini. Jadilah kita kemudian duduk-duduk, bercengkrama, sembari bermain HP dan membunuh waktu.

Tetesan keringat pun mulai berjatuhan. Batin yang menyesak karena pengen teriak kepanasan mulai tak bisa ditahan.

Hingga kemudian, manusia-manusia yang mengenakan toga ini pun keluar.

Gue dan Luthfi, langsung cabut dulu meninggalkan lokasi tempat pemasangan banner Ade untuk ke temen kita bernama Wulan yang juga wisuda. Kado hasil patungan dengan Luthfi kita berikan, dan doa juga kami utarakan. (GILE TEMEN YANG BAIK KITA NIH MEMANG).

Setelah itu barulah kita menuju kembali ketempat Ade.
 Dan seperti biasa, salaman, ucapan doa, dan FOTO menjadi akhir dari cerita kita dan Ade yang wisuda ...
Oke kita cukupkan cerita Ade.

Setelah ke Ade, gue kemudian tawaf memberikan bunga-bunga yang gue beli ke temen-temen gue lainnya. Ga lupa salaman, dan ucapan doa juga gue kasih ke mereka. Ya mereka bahagia, dan gue terharu melihat mereka bahagia.

Bahkan sebut aja Heri salah satu temen gue, yang beberapa waktu lalu sempet ada masalah sama gue. Di Moment ini gue kasih bunga, salaman, dan tak lupa pelukan dari sahabatnya ini yang penuh kekurangan. Gue terharu ngeliat temen-temen gue akhirnya bisa bahagia dengan toga yang udah mereka bisa banggakan, dan gelar S. Ikom diujung nama yang bisa mereka sematkan dengan penuh bangga. Ya kuliah yang cukup mahal dan menyekik perekonomian orang tua, dan kuliah yang susah dengan semua tugas dan ujiannya ini berhasil mereka selesaikan.

Tapi tunggu.

Dari mereka semua.

Ada satu juga yang wisuda.

Dira.

Wanita yang.. sudahlah.

Gue bawa kado khusus buat Dira.
Kado yang dikepala gue bakal gue kasih, dengan seikhlsnya, setulusnya, dan bakal gue imbuhi dengan doa-doa terbaik buatnya.

Tapi ya apa dikata.

Gue ngeliat Dira dari jauh.

Kemudian gue jalan ngedeketin sambil senyum ingin ngucapin selamat.

Beberapa langkah kemudian gue berenti.

Ya Dira sedang bersama gebetannya.

Dan gue balik kanan.

Ya Dira dan Gebetannya, ngebuat gue ga jadi ngasih kado dan doa.

Gue yang kemudian malah berjalan dengan cuek ke lokasi-lokasi temen gue yang berada ga jauh dari Dira, cuma bisa senyum dalem hati dan berdoa "Ooh Alhamdulillah, Allah udah tunjukin jalannya".

Gue kemudian nyuri pandangan ke Dira lewat pantulan kaca yang berada di depan gue.

Dan Dira juga ngeliat gue.

Tapi, ya kita memang seperti orang ga saling mengenal.

Kita kayak adegan di FTV, dimana si cewe lagi sama cowonya, dan ngeliat orang yang pernah jadi bagian dari hidupnya, dan si orang ini juga ngeliat si cewe. Tapi mereka hanya bertukar tatapan, seperti tahu tentang situasi yang terjadi dan saling memaklumi.

Ah.

Hari itu dengan Ade yang wisuda, dan haru dari teman-teman yang telah memakai toga.

Gue dan Dira berjalan berpapasan. Bukan untuk saling bertukar pesan. Tapi untuk mempertegas meninggalkan.








You Might Also Like

0 komentar