ALEXA

18:31



Tuhan ...
Aku berjalan menyusuri malam...
Setelah patah hatiku...
Aku bedoa semoga saja ...
Ini terbaik untuknya  ...
Dia bilang ...
Kau harus bisa seperti aku...
Yang sudah biarlah sudah...
Mudah saja bagimu...

Mudah saja untukmu...
Andai saja.. 
Cintamu seperti cintaku...


Potongan lirik lagu Mudah Saja dari Sheila On 7, yang nemenin gue malem ini.

Awal 2013.
Ketika gue masih duduk dibangku SMA. Ketika pakaian putih abu-abu dengan sepatu PDH (Sepatu Tentara), dengan rambut cepak yang masih jadi atribut gue. Ketika Alexa dengan senyum manisnya masih selalu ada buat gue.
Iya malem ini gue dihempaskan dimasa itu, masa dimana gue tahu bahwa memang benar setiap Cinta pasti berakhir. Entah dengan kematian, ataupun berbagaimacam alasan.

Gue inget, dimasa itu gue sekolah dengan rajin-rajinnya. Ga ada alasan buat ga sekolah, bahkan jika pemerintah bisa diatur pake suara gue dengan mudahnya, mungkin gue bakal minta supaya libur nasional dan hari minggu dihapuskan. Supaya gue bisa tetep setia selalu ada disebelah Alexa. Perempuan idaman, yang memilih gue lelaki serba kekurangan sebagai bagian dari hatinya.

Ya waktu itu gue, dan mungkin Alexa bener-bener ngerasain apa itu namanya Indahnya Cinta.

Kita ke kantin bareng, ke tempat wisata bareng, bahkan kita ngerjain tugas bareng. Ya bahkan dengan Alexa gue bisa jadi mendadak pinter, itu kebukti dengan gue yang selalu ambil alih tugas Alexa buat gue kerjain. Ya memperlakukan wanita sebaik-baiknya adalah prinsip gue waktu itu (dan sekarang). Karena gue mikir ga ada yang gue pertaruhin ketika pacaran sama Alexa. Sementara Alexa harus ngorbanin masa SMAnya yang mungkin bisa lebih indah tanpa gue. 

Bulan-bulan awal pacaran gue lewati bener-bener dengan indah. Waktu itu gue mikir mungkin dengan Alexa gue bisa pacaran lama, meskipun nanti kita kuliah ditempat yang berbeda. Kita bakal perjuangin masa depan sama-sama, tanpa kehilangan kata kita sebagai pasangan. Ya gue terlalu naif ketika itu, dengan mikir bahwa Alexa adalah wanita satu-satunya yang cinta sama gue, dan bakal selalu ada buat gue. 

ALEXA adalah Masa Depan Gue. Kalimat ter-naif yang bener-bener ngebuat gue hancur sehancur-hancurnya waktu itu.

Memperlakukan wanita dengan baik itu belum tentu benar. 
Adalah kutipan yang memang bener adanya. Entah kalian para wanita setuju atau malah ga setuju sama kutipan barusan. Tapi dengan Alexa gue rasa memang itu benar.

Awal ketika gue jadian dengan Alexa, gue bersyukur karena masih ada sejenis cewek yang suka sama gue. Gue bersyukur bahwa Cowok dari jurusan IPA yang bahkan ga tau Sistem Periodik di Kimia ini masih ada peminatnya. Gue bersyukur bahwa Alexa ternyata bener-bener Cewek tanpa ngondek disudut katanya. Ya dengan rasa syukur semua gue kasih waktu itu.

Tapi entah kenapa, bukan gue ingin merasakan hal yang sama diberikan Alexa kepada gue. Tapi disetiap hal yang gue lakuin, Alexa selalu nganggap hal itu sepele. Yoi, setiap manusia butuh diapresiasi, walaupun itu cuma sebatas TERIMA KASIH. Jangankan kata itu, bahkan untuk respon kata O aja, gue ga pernah dikasih. Yoi, awalnya gue biasa aja. Tapi lama kelamaan Alexa makin nuntut sesuatu yang malah ngebuat gue mikir, "APAKAH INI ROMUSHA JILID 2?". Yoi dengan semua imbuhannya Alexa selalu nuntut gue untuk ngelakuin sesuatu yang biasanya nggak gue lakuin. Ibaratnya biasanya gue nafas pake hidung, Alexa malah nyuruh gue nafas pake kuping. Bisa ngga bisa harus bisa. Dan kalo ga bisa, ribut adalah kata pasti disetiap ujungnya.

Diawali dengan debat antara logika, dan perasaan. Pada akhirnya gue harus ngalah, dan membiarkan Romusha terjadi.

Jujur sebenernya waktu itu gue ngerasa "Yaudahlah, namanya juga pacaran". Gue ga ada mikirin hal-hal yang sejauh itu. Gue cuma tau "Gue Sayang Alexa", udah tanpa ada esensi kurang di setiap maknanya. Iya Gue berarti cuma gue, dan seluruh tubuh gue, sayang berarti perasaan gue ke dia, dan Alexa adalah nama cewek yang gue suka. Sesederhana itu gue sayang sama Alexa.

Tapi semua tetep berlanjut, gue inget disetiap hal yang dilakuin atau dituntut oleh Alexa kegue, ga ada 1mm (milimeter) perasaan gue yang berkurang ke dia. Gue tetep sayang, dan malah tambah sayang sama ini orang (mempertegas bahwa Alexa adalah orang). Bahkan meskipun Alexa harus mutusin gue disetiap perdebatan. Yoi ditiap 1 bulan gue pacaran, minimal 2 kali gue diputusin. Gue masih tetep berusaha bertahan, dan mempertahankan agar Alexa ga pisah dari gue. 

Ya gue ga siap kehilangan Alexa. Walaupun waktu itu gue tahu, jawaban biar ga kehilangan Alexa adalah Nikahin dia. Cuma karena gue lebih takut dipecat dari keluaga, gue ga bisa ngelakuin itu. Jadi mau ga mau mempertahanin Alexa sebagai pacar adalah hal yang harus gue lakuin.

Tiap bulan gue diputusin, tiap bulan juga gue harus berusaha ngejelasin, ngeyakinin, biar Alexa ga jadi mutusin gue.

Ditiap bulan itu, harus ada adegan termehekmehek dengan nangis. Ya dengan Alexa, drama ala Telenovela terjadi dikehidupan gue dimasa SMA.

Dengan semua hal itu tetep, 1 mm perasaan gue ga ada yang berkurang kepada Alexa.

Kemudian disuatu titik. Ketika gue lagi pulang Les sekolah, lagi-lagi kita ribut. Iya Alexa marah karena gue Les tanpa ngabarin dia. Alexa marah, karena gue lebih mentingin Les dari pada nemenin dia. Dan ribut terjadi. Dengan kata-kata "Sumpah, kali ini kita putus jangan pernah hubungin aku lagi, kali ini terakhir".

DANG!
Telfon dimatiin, dan gue terdiam, karena bingung harus kasih respon apa.
Untuk hal yang seharusnya ga diributin, untuk hal yang seharusnya pacar gue dukung, gue malah diputusin!.

Seperti biasa, gue langsung telfon balik, berharap Alexa lagi becanda, atau ikut program Reality Show dari siaran TV mana buat ngerjain gue.
Dan nyatanya ga ada jawaban sama sekali.

Ya kali ini gue bener-bener diputusin.
Gue hopeless.
Gue hancur.
Gue baru tau, sakitnya ditinggalkan ketika gue lagi sayang-sayangnya.
Sedihnya, dilepaskan ketika gue udah berpikir tentang masa depan.
Ya meskipun gue masih SMA, tapi gue udah mikirin tentang hubungan gue kedepannya sama Alexa.
Semua yang indah, hancur sirna ga ada sisa.
Aer mata, mau ga mau harus tumpah.
Mental, mau ga mau harus porak poranda.
Ya lagi-lagi, gue kehabisan kata.

Hari-hari berikutnya, gue bener-bener kayak udah males ngejalanin hidup. Semua jadi statis. Semua jadi kehilangan cahaya. Gue redup. Gue bingung. Gue ga tau harus gimana. Dulu gue mikir, bahwa gue berjuang buat Alexa dan keluarga. Tapi gara-gara kehilangan Alexa, meskipun ada keluarga, gue sempet bingung harus berjuang buat siapa. Ya gue bener-bener tertatih dikehidupan SMA.

Disekolah gue murung, dirumah gue termenung.

Berminggu-minggu kemudian gue lewati. Dari yang awalnya ga biasa, kemudian perlahan gue mulai terbiasa. Bayangan Alexa, seolah mulai tersamar dengan kesibukan gue yang kemudian gue kerjakan. Ya Alexa perlahan mulai menghilang. Air mata yang tumpah mulai kering ga ada sisa. Hati yang sakit, perlahan tenggelam untuk ditinggalkan. 

Ya gue terbiasa.

Baru gue mulai terbiasa dengan habitat asli sebagai Jomblo. Hape gue berdering. Ya itu Alexa. Dia kembali dengan suaranya. "Aku ga bisa gini, kita harus balikan". Kata yang pertama kali dia keluarin, ketika gue baru ngebuka panggilan.

Gue bingung. Gue yangudah terbiasa, seolah terpaksa harus ngorek luka lama. Gue bingung harus gimana. Selain kata "apa" yang gue berikan, berharap ngerti maksud omongan dari Alexa. "Iya aku mau kita balikan, kamu masih sayang sama aku kan?. Aku ga bisa gini". Kata tanpa beban yang Alexa keluarkan.

Ya Alexa balik lagi setelah gue kehilangan arah. Alexa balik lagi setelah gue sembuh dari sakit yang dia buat. Alexa balik lagi ke gue. Dengan penuh ketakutan, iya takut bahwa gue nyia-nyiain peluang. Gue inget, gue jawab omongan Alexa dengan kata "Udah cukup, aku ga mau sakit lagi, aku ga mau capek lagi, "kita" udah ga ada, aku yang disia-siain ga bisa utuh lagi buat sama kamu, kamu cantik, kamu bisa dapet lebih dari aku". Kata terakhir yang kemudian gue tutup, dan meninggalkan Alexa seutuhnya. Karena setelahnya bahkan pesan, atau untuk bertatapan gue selalu mengabaikan Alexa.

Gue inget, Alexa mengirimkan pesan "Aku mau berubah, kalau aku gini lagi kamu bisa putusin aku". Kata-kata yang ga ada faedahnya menurut gue. Karena esensinya bukan dikata putus, tapi di sakitnya ngebangun, jenuhnya ngejelasin, sakitnya ditinggalin, dan sakitnya ngelupain. Gue ga mau gue yang udah sembuh harus masuk rumah sakit lagi. Gue ga mau, gue yang udah perlahan sehat jadi mengenaskan lagi. Ya gue percaya kata-kata yang kayak mbak gue bilang "Tolong kalau mau pergi silahkan pergi, tapi tolong jangan pernah kembali atau berdiri didepan pintu, karena selain aku juga yang ingin pergi, kau menghalangiku untuk pergi". Ya waktu itu gue bener-bener ngelepasin Alexa. Walaupun setelahnya Alexa masih tetep mencoba dengan semua imbuhannya agar gue balik kedia. Karena jelas semua imbuhan itu udah gue kasih, setelah Alexa mengeluarkan kata "SUMPAH" untuk ninggalin gue.

Kayak lirik lagu dari Sheila On 7- Mudah Saja.

Selang waktu berjalan kau kembali datang...
Tanyakan keadaanku...
Ku bilang...
Kau tak berhak tanyakan hidupku...
Membuatku semakin terluka...
Mudah saja bagimu...
Mudah saja untukmu ...
Coba saja lukamu seperti lukaku...

4 Tahun berlalu, dan semoga kau baik-baik saja Alexa.

You Might Also Like

2 komentar